Tugas 1 – Sistem Informasi Psikologi

images

  1. Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima sumber data sebagai input dan mengolahnya menjadi produk informasi produk informasi sebagai output. Sistem informasi merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem atau komponen hardware, software dan brainware, data dan prosedur untuk menjalankan input, process, output, penyimpanan, dan pengontrolan yang mengubah sumber data menjadi informasi (Marimin, Tanjung, & Prabowo, 2006).

Menurut Rommey (1997: 16) Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan Gordon B. Davis (1991: 91) menjelaskan sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat komponen-komponen seperti software, hardware, dan brainware untuk menjalakan proses atau menerima input, process, output, penyimpanan, dan pengontrolan yang mengubah sumber data menjadi informasi.

  1. Pengertian Sistem Informasi Psikologi

Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaa. Sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi penerima berupa data tentang psikologi.

Contoh penggunaan sistem informasi dalam psikologi adalah dengan adanya blog/ situs-situs penyedia informasi tentang kajian ilmu psikologi, layanan konsultasi psikologi online maupun offline. Saat ini penggunaan sistem informasi juga sudah merambah pada penggunaan alat-alat tes psikologi secara online. Selain itu, sudah banyak dikembangkan aplikasi untuk mempermudah psikolog dalam menskoring hasil tes yang telah dijalani testee.

1) contoh blog yang menyediakan informasi tentang psikologi

3

2) contoh website biro psikologi yang menyediakan layanan konsultasi

1

3) contoh situs yang menyediakan test kepribadian online

2

  1. Arsitektur komputer

Arsitektur komputer disini didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Pengertian arsitektur komputer dapat dikategorikan sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.

  1. Struktur kognisi manusia

Kognisi adalah aktivitas mental yang mencakup proses pemerolehan, penyimpanan, dan transformasi informasi menjadi pengetahuan.

Kognitif menekankan perubahan proses dan kesadaran dalam struktur kognitif manusia. Informasi diterima melalui sensori (receives) akan diubah, dimaknai, disimpan, dan kemudian digunakan kembali (recall) sebagai pengetahuan.

  1. Struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer

Jika diperhatikan proses pengolahan yang terjadi dalam otak manusia untuk menerima informasi, sama halnya dengan proses yang dilalui informasi dalam komputer. Informasi yang diterima oleh kognisi dari stimulus sensori melalui panca indera merupakan input. Lalu diproses, disimpan dalam memori jangka pendek (short term memory) atau memori jangka panjang (long term memory) yang merupakan proses storage. Kemudian dikeluarkan (output) sebagai informasi atau pengetahuan. Begitu juga arsitektur komputer, komputer menerima informasi (input) dari perangkat berupa keyboard, speaker dan lain sebaginya. Kemudian informasi yang diterima diproses (storage) di dalam Hard disk kemudian dikeluarkan (output) dalam bentuk tulisan atau suara.

  1. Kelebihan dan kelemahan

Struktur Kognisi Manusia

Kelebihan :

  • Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas.
  • Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar. mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.

Kekurangan :

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama

Arsitektur Komputer

Kelebihan:

  • Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
  • Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
  • Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
  • Menggunakan teknologi time sharing
  • Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)

Kekurangan:

  • Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
  • Harganya sangat mahal
  • Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
  • Kerjanya sangat lama
  • Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

Referensi

Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H.  (2006). Sistem informasi manajemen, sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo

http://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER

Pengertian Arsitektur Komputer Secara Lebih Jelas

http://ekaseptyani.blogspot.co.id/2013/10/tugas-2-arsitektur-komputer-dan.html

Tinggalkan komentar