Be Creative and Stop Plagiarism!

online-plagiarismTernyata tidak hanya ditemui di dunia nyata saja, internet pun bisa menjadi sarana plagiarisme. Plagiarisme adalah kegiatan menjiplak suatu karya orang lain dan mengakui karya tersebut sebagai miliknya. Orang yang melakukan plagiarism itu disebut plagiator. Dalam hal ini plagiarism termasuk kejahatan di dunia internet (cybercrime).

Banyak sekali terjadi penjiplakan terutama dalam hal penulisan di internet. Contoh yang paling sering kita temui adalah banyaknya postingan-postingan di blog yang asal meng-copy-paste tulisan yang entah dari mana sumber aslinya.

Hal ini sudah jelas melanggar etika memposting di internet, atau yang kita sebut nettique. Ketika kita akan menulis sesuatu di internet alangkah baiknya kita menulis apa yang kita buat sendiri. Adapun untuk referensi tulisan kita dapat mengutip dengan cara mencantumkan sumbernya. Karena logikanya saja jika kita menulis ulang apa yang sudah ditulis oleh orang lain, hal itu sama sekali tidak berguna, kita hanya menuliskan sebuah tulisan, baik berupa ilmu, informasi, atau karya seni, yang memang sudah ada sebelumnya. Selain itu jika kita ketahuan menjiplak dan penulis asli mengetahuinya lalu tidak terima, seorang plagiator bisa dituntut dan akan ada sangsi yang menjerat, karena melanggar hak cipta.

Jika kita percaya akan kemampuan diri kita sendiri, kita tidak perlu menjiplak apapun, tidak hanya tulisan di internet, tetapi juga karya seni, hasil pemikiran atau penelitian. Menjadi kretif bukanlah hal yang sulit jika kita mau mengeksplorasi diri kita menemukan hal-hal yang baru dan menuangkan dalam bentuk sebuah karya yang asli, karena orang-orang menghargai sebuah orisinalitas. So keep being creative, make your own creation, and stop plagiarism!

Klik disini untuk melihat tulisan terkait.

stop

Tinggalkan komentar